Life is Bless

Saturday, March 21, 2009

Gado-Gado BON-BIN

Kemaren gw ke kampus untuk submit skripsi skitar jam 4. dari situ bingung mau kemana,, pastinya sih mau makan lah yaa!! kebetulan gw sama sonny nih,, trus dia ngajak untuk makan gado-gado kebun binatang! hahaahahaha... yang ada di bayangan gw saat itu adalah makan gado-gado sambil ngeliatin gajah, monyet, singa, macan, dan hewan buas lainnya! eh ternyata perkiraan gw salah deng... hihihi! kata sonny, gado-gado nya enakkk banget dan dia sering makan disitu waktu SD,, it means 18 years ago!! wuahh gilaa.. berarti ini dedengkotnya gado-gado kali yaa... yaudah laa kita ke sana, tempatnya di jl. cikini IV (patokannya setelah TIM belok kanan). pas kita masuk udah jam 5 sore, dan udah mulai beres2, trus gw nanya "udah abis yaa gado-gadonya?" katanya kalo untuk 2 porsi ada koq, tapi bayamnya abis! nevermind.. cuma ngga ada bayam doang sihh no problemo!! trus gw pesen minum es cendol pink,, lucu dan enak banget.. ternya cendol ini dibuat dari tepung hungkwe (sounds strange huh??) yahh tapi kalo cendol pink yang paling enak sih tetep di pekanbaru di depan pasar!! itu sih ngga ada tandingannya deh..
pas gado-gadonya udah dianterin, ngobrol2 lah sm mbaknya, katanya gado-gado ini umurnya udah 50 tahun lebih,, wiiihh hebat yaa... kenapa namanya gado-gado kebon binatang, karna dulunya di cikini ini ada kebon binatang. dulu harga gado-gado ini 3,5 sen.. padahal harga gado-gado lainnya cuma 1,5 sen. dan bagian histoticalnya adalah mantan presiden Soekarno sering makan disini.. hebat khan? dan yang bikin beda adalah bumbu gado-gadonya ngga diulek tapi dimasak jadi halus banget bumbunya.. dari dulu sampe skarang slalu rame, buktinya jam 5 sore aja mreka udah beres2 mau tutup toko. pertama kali gw menyuapkan sendokan pertama *hihi* beneran lho rasanya enak banget dan beda sama gado-gado lain yang pernah gw coba! sumpahhh ngga bohong,, enak banget.. pas banget rasanya! lo harus cobain gado-gado ini, karna rahasia enaknya yaitu bikinnya pake kacang mede bukan kacang tanah.. jadi ngga heran kalo harganya juga lebih mahal dari gado-gado lain, seporsi gado-gado harganya 19 ribu! lumayan lah yaa untuk ukuran gado-gado, tapi pasti ngga akan nyesel, karna emang rasanya sepadan dengan harganya..
berhubung udah di daerah cikini, pengen nonton jadi mendingan ke TIM aja khan deket banget! kita langsung beli tiket film 'The Strangers".. ternyata murah bgt yaa nonton di TIM, gw baru tau! 1 org cuma 10.000 saja.. murah banget dong?? sambil nunggu filmnya main, gw dari luar ngeliat ada "PAMERAN SEJARAH BIOSKOP INDONESIA". it really sounds interested for me.. jadi gw berdua sonny mencoba untuk melihat dan menonton film singkat yang diputar tentang sejarah bioskop indonesia. film dokumenter gtu lah modelnya, dan hanya berdurasi 15 menit (kalo ngga salah yaa!) smua orang yang hobbi nonton, harusnya dateng ke pameran ini.. trust me, it's usefull for ur knowledge!! FYI, ternyata pertama kali berdiri bioskop di Indonesia itu tahun 1900 dan itu belum mengeluarkan audio/suara. baru pas tahun 1930, untuk pertama kalinya film2 di bioskop dilengkapi dengan audio.. jadi selama 30 tahun itu, orang-orang yang nonton film kayak nonton orang gagu,, hehehe... menebak-nebak apa yang diomongin si pemain film itu!! ahhahaha... lucu yaa,,, berarti akan banyak persepsi tentang film itu dong yaah?? dan dulu di jakarta, bioskop yang terkenal pada tahun 1900-an namanya "casino theater" dan film2 yang diputar beragam banget.. ada film loetoeng kasaroeng, hantoe motor, tjinta, hahahhaha.... banyak banget lahh!! tapi sayangnya tidak ada info tentang harga untuk sebuah tiket bioskop waktu itu..
entah kenapa, hari ini walau gw sempet stress gara-gara skripsi yang tak kunjung menyenangkan.. tapi banyak hal yang gw dapat hari ini, khususnya pengetahuan sejarah dari hal kecil sampai hal besar..
-MF-

No comments: